17 Kolam Renang di Kota Bogor Ditutup

0
4115

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro dan Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf. Roby Bulan melakukan pemantauan arus lalu lintas dan sejumlah tempat wisata pada masa libur Lebaran, Minggu (16/05/21) kemarin.

Untuk mengantisipasi kepadatan, petugas melakukan rekayasa lalu lintas bagi kendaraan yang akan memasuki Kota Bogor melalui gerbang tol Baranangsiang. Rekayasa ini dilakukan situasional apabila terjadi kepadatan di SSA dan Jal Pajajaran.

“Pengalihan arus kendaraan yang dari Jakarta maupun yang dari Ciawi/Gadog dilakukan penyekatan oleh Pak Kapolresta dan jajarannya. Kendaraan dari Jakarta tidak keluar dari Baranangsiang, tapi diputar melalui exit Bogor Selatan/Summarecon. Kendaraan dari Ciawi/Gadog diarahkan keluar di BORR/Sentul Selatan. Targetnya supaya tidak ada penumpukan, kepadatan, terutama di tempat hiburan,” ungkap Bima Arya.

Selain kendaraan, Satgas Covid-19 Kota Bogor juga meninjau sejumlah titik tempat wisata, yakni Kebun Raya Bogor dan The Jungle Waterpark. Titik yang menjadi perhatian adalah sejumlah kolam renang yang dilaporkan sudah melebihi batas kapasitas maksimal 50 persen.

“Tim di lapangan diperintahkan untuk menutup seluruh tempat wisata terutama kolam renang di Kota Bogor. Sebelumnya, dari pagi sampai siang diberlakukan buka tutup (antrean) tapi tadi sudah melebihi kapasitas. Jadi kita tutup permanen, khusus hari ini. Total kolam renang yang ditutup ada 17 titik,” ujarnya.

Menurut Bima, langkah penutupan tersebut karena sejumlah tempat wisata di Jakarta pun sudah ditutup. Dikhawatirkan terjadi pengalihan tujuan wisata ke Kota Bogor jika tidak diantisipasi.

“Di Jakarta hari ini ditutup tempat-tempat wisata. Ini sudah kita antisipasi saat kemarin rapat bersama dengan Gubernur DKI Jakarta mas Anies. Kalau Jakarta ditutup, maka Bogor pun akan menutup tempat wisata,” kata Bima.

Bima Arya juga meminta pengelola tempat wisata untuk terus berpatroli memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro memprediksi akan ada lonjakan kendaraan pada Minggu (16/5/2021) selain karena berwisata juga ada arus balik yang melintas ke Kota Bogor.

“Kami upayakan untuk tidak berhenti di Kota Bogor tetapi langsung masuk ke arah Jakarta. Selain itu langkah antisipasi kami juga PPKM Mikro di tingkat RT/RW kami perkuat untuk lebih mendata warganya yang baru pulang dari luar kota,” ujar Susatyo.

(Humas Pemkot)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here