Sunat Dana Bansos, Oknum Kades Ditangkap Tim Siber Pungli Jabar

0
98

B-CHANNEL, CIOMAS– Tim Satgas Saber Pungli Jawa Barat berhasil mengungkap aksi pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh oknum Kepala Desa (Kades).

Pengungkapan tersebut di pimpin Ketua Tim Satgas Saber Pungli Tim Tindak II, AKBP Zul Azmi. Berawal dari laporan adanya dugaan penyelewengan praktik bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) itu terjadi di Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor.

Tim tindak pidana melakukan penindakan terkait adanya dugaan pembagian bansos BPNT yang tidak sesuai dengan peraturan dan adanya oknum kades yang meminta uang kepada E-warung.

“Jadi tim melakukan interogasi terhadap 10 orang atas laporan tersebut berdasarkan hasil interogasi, tim menemukan kebenaran atas dugaan praktik pungli tersebut,” jelas AKBP Zul Azmi, Jumat (26/11/21).

Salah satunya arahan dari oknum Kades berinisial (R) yang meminta penyaluran bantuan sosial (Bansos) BNPT yang dilakukan di Kantor desa bukan di warung E- warung sesuai dengan ketentuan.

Bahkan lanjutnya, mesin EDC Bank mandiri milik E- warung pundi pindahkan ketempat penyaluran di Kantor Desa.

“Didesa tersebut sebanyak 315 keluarga penerima manfaat untuk BNPT perluasan,”jelasnya.

Sementara pada saat penyaluran bansos BNTP perluasan Kades langsung mengambil beras milik KPM yang bantuannya dirapel selama 7 bulan dari April hingga Oktober 2021 sebanyak 1 karung atau 10 kilogram per KPM dengan alasan untuk dibagikan kepada warga yang belum menerima bantuan.

“Selain itu oknum kades juga meminta uang Rp10 ribu per KPM, permintaan uang itu dilakukan dengan alasan biaya operasional pengantaran. Padahal, kendaraan yang digunakan adalah kendaraan operasional milik desa oknum itu pun diduga meminta uang kepada pemilik E- warung,”terangnya.

Selanjutnya, Kepala Desa meminta uang kepada E- warong sebesar Rp 20.364.000 dari keuntungan pembagian bansos BPNT perluasan.

“Atas perbuatannya itu, sekarang oknum Kades sudah diamankan di Polda Jabar, untuk diperiksa lebih lanjut,” tukasnya.

Reporter: Risky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here