BOGORCHANNEL.ID– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor berhasil menoreh prestasi penghargaan dalam pelayanan terbaik kategori Kabupaten/Kota dengan kepadatan penduduk tinggi pada penilaian Adminduk Prima Tahun 2025.
Penghargaan juara ke 2 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Disdukcapil Tingkat Provinsi Jawa Barat berkat komitmen menghadirkan pelayanan yang cepat, akurat, dan melayani dengan hati.
Kepala Disdukcapil Kota Bogor Ganjar Gunawan mengungkapkan rasa syukur, dimana, penilaian penghargaan Disdukcapil Kota Bogor mendapat predikat terbaik ke dua untuk kategori tingkat kepadatan penduduk besar, setelah Kota terbaiknya Bandung dan Depok.
Penghargaan yang diterima Disdukcapil tersebut, didedikasikan kepada seluruh pegawai Disdukcapil Kota Bogor yang sudah memberikan pelayanan terbaiknya untuk segenap masyarakat Kota Bogor, dengan tulus melayani, sepenuh hati tanpa pamrih, serta tidak membedakan bagi siapa saja warga Kota Bogor yang membutuhkan pelayanan Disdukcapil Kota Bogor.
Ganjar mengatakan, pihaknya akan terus berusaha setiap tahun melahirkan inovasi -inovasi terbaru untuk memudahkan, disamping pelayanan rutin di jam kerja. Seperti program jemput bola ke sekolah tingkat SLTA dan Kelurahan, pelayanan sore dan malam.
Pelayanan sore malam, lanjut Ganjar mengantisipasi warga yang tidak hadir di jam kerja, di kelurahan yang sudah terjadwal, terutama warga yang jauh dari kantor pelayanan, selain program jemput bola pelayanan bagi disabilitas, lansia, warga yang sakit, atau di rumah sakit sekalipun.
“Jadi, kita terus permudah seluruh pelayanan di bidang administrasi kependudukan, kita memiliki nomor hotline whats app 081290003271, dan nomer layanan tersebut, akan kita respon siapapun sepanjang di jam kerja, baik sekedar bertanya tentang persyaratan, mekanisme layanan, atau hal perlu penjelasan dibidang kependudukan pencatatan sipil,”jelas Ganjar kepada Bogorchannel, Jumat (10/09/25).
Lebih lanjut Ganjar menilai, pada sisi penghargaan tersebut, tentu tim dina provinsi yang terdiri dari banyak stakeholder, biro pemerintahan, organisasi, ombusmen provisnsi yang secara langsung melakukan pengecekan ke masyarakat melihat responsif media sosial internal Disdukcapil Kota Bogor, dengan berbagai macam persoalan bagaimana menyikapi tentang administrasi kependudukan.
“Kita dengan jumlah penduduk 1,2 juta untuk tingkat kota, dianggap bisa memberikan respon pelayanan dengan baik, tentunya dengan prinsip pelayanan prima. Makanya prima ini kita analogikan dengan praktis, inovatif melayani sebagai tagline.
Ganjar berharap, penghargaan yang diraih Disdukcapil Kota Bogor menjadikan motivasi untuk jajaran, terutama pemerintah kota Bogor.
“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh dukungan dari stakeholder, termasuk media yang senang tiasa menyampaikan informasi positif kepada masyarakat kota Bogor,”tutup Ganjar. (Dr/Bc)