B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Bukit Puket Pamoyanan atau lebih dikenal dengan nama Bukit Pupay adalah sebuah objek wisata baru di Kota Bogor.

Objek wisata yang kini sedang dilakukan penataan sedemikian rupa, berada di Kampung Ciranjang, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Keunggulan yang bisa didapat jika anda berkunjung kesini, pertama keindahan panorama alam yang dimilikinya seperti keindahan pegunungan dari penampakan Gunung Salak, Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

“Kedua kesejukan alamnya, karena alam disini masih asri jadi cuacanya sejuk,” ucap Ketua LPM Kelurahan Pamoyanan Muchtar.

Objek wisata camping ground ini memiliki konsep serba bambu. Artinya, semua bangunan yang akan didirikan hanya dengan menggunakan bambu.

“Konsepnya Serbu alias Serba Bambu. Jadi artinya semua bangunan yang akan didirikan disini akan menggunakan bambu. Kedepan, disini juga akan ada jalur sepeda dan jogging track yang bisa dinikmati pengunjung,” katanya.

Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh mengatakan, potensi yang sedang dibangun ini merupakan pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan perekonomian warga.

“Ini potensi untuk kesejahteraan warga. Ada pemberdayaan untuk mengangkat warga yang tidak berdaya. Ini cukup bagus, dan ini akan menjadi potensi objek wisata yang baru di wilayah Bogor Selatan dari warga untuk Indonesia,” ungkapnya.

Diketahui, bukit Puket Pupay berada diketinggian tekstur tanah milik PT GNA, seluas puluhan hektare yang tanahnya kini sebagian kecilnya dimanfaatkan oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Pamoyanan untuk dijadikan destinasi wisata yaitu Camping Ground.

LPM dalam mewujudkan destinasi wisata tersebut memang memiliki konsep tidak main-main, bagaimana lahan tidur menjadi hidup kedepan akan menjadi ikon wisata yang diharapkan menarik masyarakat luas, bukan hanya Bogor Selatan dan Kota Bogor tapi masyarakat diluar daerah Bogor.

“Seperti saya katakan, bahwa konsep camping ground yang kita berinama Serbu Camping Ground Ciranjang Indah ini, kedepan akan kita buat ikon terbaru di Bogor Selatan. Karena nantinya bukan hanya saja tempat untuk camping saja, tetapi ada fasilitas lainnya, seperti pying fox, jembatan bambu gantung sebagai akses menuju tempat camping, lalu kita juga akan buat menara di jalan masuk menuju tempat camping. Adapun fasiltas lain kolam pancing bagi pengunjung, dan memanfaafkan sajian makanan produk UMKM, termasuk makanan siap saji spesial daging bebek bakar kita sediakan. Intinya, lahan yang ada dengan suasana masih asri ini akan kita berdayakan,”tutur Ketua LPM Pamoyanan Muchtar.

Muchtar mengatakan, lahan yang digarap kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat untuk menikmati suasana alam bukit Puket, karena sudah tersedia beberapa tenda yang sudah bisa ditempati.

“Memang belum sempurna, dan baru saja beberapa persen dari konsep yang ada. Hanya kini sudah bisa dinikmati jika ada yang mau camping. Klo sudah 50 persen, nanti kita akan adakan soft lounching. Mudah-mudahan ikhtiar yang dibantu oleh forum komunikasi warga dan para pengurus serta mendapat dukungan para pimpinan di wilayah cita-cita ini akan terwujud. Terlebih jika ada stakeholder yang membantu, mungkin pengerjaannya akan lebih cepat,”katanya.

Ia berharap, kedepan camping ground ini bisa boming dimasyarakat, sehingga menjadi daya tarik para wisatawan yang akan berkunjung ke camping ground serba bambu di Kampung Ciranjang ini.

“Insha Allah, target kita tahun depan selesai sesuai konsep. Mohon dukungan, harapan kerja keras kita ini membuahkan hasil sesuai harapan bersama,”ungkapnya. (ER/BC)

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *