Pandemi, Pasar Pagi, dan Gerakan Ekonomi Kreatif Sapala Adventure

0
140

B-CHANNEL, SUKAMANTRI– Pandemi hampir melumpuhkan segala pojok kehidupan, korban paling terdampak adalah bidang ekonomi. Meski begitu, posisi tersudutkan ini memantik kreatif mayoritas masyarakat dunia. Hal ini disikapi juga oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Sapala Adventure. Mereka, dengan caranya sendiri menginisiasi satu gerakan bertajuk Pasar Pagi.

“Pasar Pagi ini berawal dari keinginan untuk menjual produk sendiri secara mandiri. Kebetulan beberapa anggota Sapala Adventure memang memiliki usaha sendiri,” ungkap Irfan Fajar, salah satu inisiator Pasar Pagi, kepada bogorchannel.id, Minggu (11/10/20).

Di tengah kondisi yang serba sulit, memang sudah menjadi satu keharusan untuk terus berpikir kreatif dan progresif. Pasar Pagi Sapala Adventure memang gerakan kecil tapi penting terkait kelangsungan perekonomian, minimal skala wilayah. Pasar Pagi menjual beragam jenis makanan dan minuman rumahan seperti japlak, seblak ceker, puding, es mambo, kopi, nasi uduk, dan lainnya.

Selain itu, di pasar yang terletak di wilayah desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor ini juga terdapat booth pakaian impor bekas yang masih layak pakai, kemudian ada jasa konfeksi yang menerima pesanan dalam jumlah kecil maupun besar. Ada juga pakaian dan peralatan outdoor dijual di Pasar Pagi.

“Ini sebuah kreatifitas yang memiliki pengaruh positif, sarat dengan pesan edukasi baik untuk pelaku dan masyarakat lainnya,” papar Nandang Rukhyadi, staf desa Sukamantri.

“Para pedagang yang terdiri pemuda asli sukamantri juga menerapkan protokol kesehatan seperti yang kami himbaukan. Semoga ke depannya kegiatan ini terus berlanjut karena harus diakui efeknya sangat baik, terutama disaat seperti sekarang,” pungkas Nandang.

Pandemi telah jadi momok di seluruh dunia, namun tidak boleh jadi alasan untuk tetap bergerak dalam kehidupan, tentu tanpa mengabaikan protokol kesehatan. (rza/bc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here