Wow! UMKM Pamoyanan Hadirkan Kuliner Baru, Makanan Sehat ‘LUPIS’ Berbahan Dasar Singkong

0
185

B-CHANNEL, KOTA BOGOR–  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan R.Ali Pangestu, SEI., ME, belum lama ini mengadakan pelatihan membuat kuliner baru yang sehat berinovasi, yakni makanan  lupis berbahan dasar singkong kepada pelaku UMKM di Bogor Selatan.

Kuliner sehat ini berbahan dasar singkong dan diolah menjadi lupis singkong yang berbalut kelapa parut dengan kuah gula merah.

“Dalam pembuatan inovasi lupis ini kami bekerja sama dengan UMKM jajanan tradisional di Kelurahan Pamoyanan, Bogor Selatan, mengingat dengan melimpahnya singkong di daerah tersebut serta banyaknya UMKM yang mengolah berbagai makanan tradisional, maka kami memberikan pendampingan inovasi ini sebagai salah satu ciri khas yang berbeda dalam dunia kuliner lainnya,” ujar Yeni Nurika Wakil Ketua KKN Fakultas Ekonomi Islam Unida, kepada media bogorchannel,id, Sabtu (31/10/20)

Lupis singkong ini kata Yeni sama seperti lupis yang biasa dibuat dengan menggunakan ketan tetapi lupis ini bahan utamanya terbuat dari singkong baik dari segi proses pembuatan maupun penyajiannya.

“Hanya saja rasa lupis yang terbuat dari singkong ini tentu berbeda, dari segi tekstur sendiri lebih lembut,”kata Yeni.

Salah seorang pelaku UMKM warga Pamoyanan Nani Sumarnah saat ditemui Mahasiswa, menjelaskan proses pembuatannya yang sederhana, menurutnya, hampir sama dengan lupis ketan biasa yang terbuat dari ketan, hanya saja bahan dasarnya yaitu singkong.

Nani mengatakan, bahwa inovasi lupis  dari singkong ini sangat berguna karena mengingat sebagian ada orang yang pantang makan makanan yang berbahan dasar ketan.

“Jadi dengan bahan dasar dari singkong ini kamu bisa mengatasi masalah tersebut,”kata Nani.

Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada produk lupis yang dipandang sebagai jajanan tradisional biasa menjadi produk yang memiliki nilai unik dan tidak kalah saing dengan makanan kekinian lainnya. Selain itu juga sebagai alternatif bagi orang menyukai lupis tetapi pantang memakan makanan yang berbahan dasar singkong.

Oleh : Yeni Nurika, Siti Suhaeni, Eva Lia, dan Abdul Kholik ( Kelompok 5 KKN Universitas Djuanda Fakultas Ekonomi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here