Rekkam Art Festival 5 Bertajuk Pancasila Power

0
42

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ) Kota Bogor yang tergabung dalam Yayasan Rumah Kreatif Kebun Sastra kembali menggelar Ruang Estetik Karya Kreatif Anak Muda (Rekkam) Art Festival ke 5.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor akan berlangsung selama dua hari (6-7 Desember 2019) di Taman Ekspresi, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Ketua Panitia, Heri S Putra Siregar mengatakan, kegiatan Rekkam Art Festival ke 5 yang melibatkan 35 KPJ se-Jabodetabek itu bertujuan untuk menyatukan keberagaman anak-anak jalanan khususnya yang ada di Kota Bogor.

“Ini merupakan sebuah ruang silaturahmi karya anak bangsa untuk merayakan keberagaman,” ucap pria yang akrab disapa Heri Matahari saat diwawancara media, Jumat kemarin (06/12/19).

Keberagaman yang dimaksud, Heri menjelaskan, jalanan yang menjadi ruang karya untuk berekspresi tentu saja berwarna-warni dengan banyak bentuk, banyak karakter dan juga banyak sikap dengan pola pikirnya yang berbeda.

“Nah, disinilah tujuan dari pada Rekkam Art untuk bagaimana menciptakan sebuah ruang kebudayaan dan juga kebersamaan,” katanya.

Anak jalanan yang kerap dipandang sebelah mata, sambung dia, kini bisa dirasakan keberadaannya dengan wujud terciptanya sebuah ruang silaturahmi disebuah taman kota (Taman Ekspresi).

“Dari perjalanan selama empat tahun, kami bisa merasakan sebuah pencapaian yang luar biasa dari kawan-kawan jalanan. Ini bisa dibuktikan dengan adanya taman kota yang menjadi ruang alternatif demi sebuah gerak kebudayaan seniman jalanan yang ada di Kota Bogor. Anak-anak jalanan kini sudah berpotensi, punya jalan keluar dan punya masa depan, jadi jangan pandang sebelah mata,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Rekkam Art Festival 5 yang bertajuk Pancasila Power juga akan menghadirkan Ahmad Syauqi (Gus Syauqi) putra dari Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin dan Kyai Abdullah bin Nuh, Riri Riza seorang penyair kondang.

“Ketiga nara sumber itu akan melakukan dialog kebudayaan bersama para seniman jalanan. Diacara ini juga akan ada workshop melukis dan panggung apresiasi musik, teater dan tari,” pungkasnya. (Er/bc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here