Stok Darah Kabupaten Bogor Minim, UTD PMI Gencarkan Aksi Donor

0
16

B-CHANNEL, CIAWI–  Kecamatan Ciawi berinisiatif mengadakan donor darah. Hal ini dikarenakan stok darah untuk Kabupaten Bogor minim. Gerakan donor darah ini bekerjasama dengan pihak UTD Palang Merah Indonesia (PMI.

Ada beberapa tahapan untuk bisa mendonorkan darah di Kecamatan Ciawi, salah satunya adalah harus membawa bukti surat bebas covid dari rumah sakit setempat dan dinas kesehatan setempat.

Camat Ciawi Adi. H menjelaskan, pihak kecamatan Ciawi beserta jajarannya dan jabar bergerak, sengaja berinisiatif untuk mengadakan donor darah ini untuk mencukupi stok darah khususnya di wilayah Kabupaten Bogor.

“Giat ini kami lakukan karna kami tau stok darah di Kabupaten Bogor sudah sangat tidak aman, maka dari itu, kami pihak Kecamatan Ciawi berinisiatif mengadakan donor darah untuk membantu mengamankan stok darah untuk kabupaten Bogor,”jelas Camat, kepada media, Rabu (20/01/21).

Sementara Staf Admin IT UTD PMI Kemal Firdaus menambahkan pihak PMI sudah melakukan upaya agar stok darah di Kabupaten Bogor agar tercukupi, karena saat ini stok darah PMI sudah sangat minim dikarenakan pendonor sangat berkurang di masa pandemi saat ini.

Pihak PMI sudah berupaya mengadakan donor darah seperti ini, semua instansi pemerintahan dan perusahan- perusahaan namun semua terkendala dengan keadaan pandemi.

Saat ini, dari 49 pendonor menghasilkan 32 kantong darah dari berbagai jenis golongan darah. Dari 32 hasil kantong darah saat ini, terbagi dari, golongan darah A 4 kantong, golongan darah B 17 dan golongan darah O 12 dan golongan darah AB ada 3, untuk stok darah di kabupaten Bogor, A 18, B 78, AB 25 dan O 84 kantong.

“Untuk stok aman kabupaten Bogor sendiri dibutuhkan 50 sampai 100 kantong perhari, jadi stok darah untuk kabupaten Bogor berkurang sampai 30% sampai 70%, “bebernya.

Reporter: Risky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here