Pelayanan Gizi Seimbang Diera New Normal RSUD Cibinong, Mulai Dari Pasien Covid Hingga Perawat

0
34

B-CHANNEL, CIBINONG– Pelayanan terbaik pada masa pandemi Covid-19 disuguhkan Instalasi Gizi RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor sesuai prosedur.

Pelayanan tentang gizi tersebut dikhususkan bagi para pasien Covid dan petugas yang merawat pasien di Rumah Sakit RSUD Cibinong.

Dietsien RSUD Cibinong Maria Tambunan, SKM. M. Kes. RD memaparkan secara rinci tentang apa saja gizi yang diberikan pihak RSUD Cibinong, agar pasien dan perawat tetap terjaga sehat dan penuh akan kandungan gizi saat mengkonsumi makanan.

“Jadi, pada pasien covid-19 di RSUD Cibinong yang tanpa komorbid kita berikan makanan atau Diet TKTP (Tinggi) Kalori Tinggi Protein) dengan tujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh pasien dalam melawan virus Covid-19. Adapun pasien dengan komorbid diberikan makanan atau diet yang sesuai dengan penyakit penyertanya. Misalkan pasien Covid-19 disertai penyakit Diabetes Mellitus akan diberikan Diet Diabetes Mellitus,”terang Maria Tambunan.

Lanjut Maria, sedangkan kepada petugas yang merawat pasien Covid-19, RSUD Cibinong memberikan makanan pada setiap shift berupa makanan bergizi tinggi (TKTP) dengan kandungan Energi 800-1000 Kkal.

Selain makanan tadi, alat makan yang digunakan baik untuk pasien Covid-19 maupun Petugas Covid-19 menggunakan alat makan disposible untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Selanjutnya, petugas pendistribusi makanan dari Instalasi Gizi menggunakan APD Level 1 dan mengantarkan makanan sampai Nurse Station. Makanan disajikan ke pasien Covid-19 oleh perawat covid-19 yang menggunakan APD Level 3.

Diluar dari pada pasien dan petugas, Maria Tambunan memberikan tips kepada seluruh masyarakat tentang gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari di Era New Normal saat ini.

“Agar tubuh kita sehat dan memiliki daya tahan yang baik terhadap bibit penyakit seperti virus seimbang yaitu susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal, “jelas Maria.

“Di Era New Normal, agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk terhindar dari virus Covid-19, maka pola makan kita perlu ditingkatkan ke arah pola makan gizi seimbang,” sambung Maria.

Lanjut Maria, dengan pola makan gizi seimbang, akan dihasilkan status gizi yang baik, dan dengan status gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat terutama di masa pandemi ini.

Berikut Empat Pilar Gizi Seimbang yang dirilis Maria Tambunan

Pertama, Mengkonsumsi pangan beraneka ragam. Kedua membiasakan perilaku hidup bersih. Ketiga memantau berat badan. Keempat aktivitas fisik.

Bagaimana cara penerapan Gizi Seimbang ?

Yaitu dengan cara Konsumsi Energi dan zat-zat gizi lainnya sesuai kebutuhan, sebagai contoh kebutuhan zat gizi di era new normal pada orang dewasa adalah sebagai berikut :

Kebutuhan Energi :

Fungsi Energi pada tubuh manusia adalah untuk melakukan proses pencernaan,respirasi,sirkulasi darah,denyut jantung dan aktifitas tubuh sehari-hari.
Kebutuhan Energi Laki-laki : 30 Kkal/Kg BB
Kebutuhan Energi Perempuan : 25 Kkal/Kg BB

Jadi jika seseorang mempunyai Berat Badan 50 Kg, maka kebutuhan Energi seharinya adalah 1500 Kkal untuk laki-laki dan 1250 Kkal untuk Perempuan. Contoh bahan makanan sumber Energi adalah : Nasi, Kentang, Roti, Mie, Singkong, Ubi dll

Kebutuhan Protein: Fungsi Protein bagi tubuh adalah sebagai sumber energi, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, membentuk berbagai enzim dan hormon, dan membentuk Antibodi atau sistem kekebalan tubuh.

Kebutuhan Energi Perempuan : 25 Kkal/Kg BB. Jadi jika seseorang mempunyai Berat Badan 50 Kg, maka kebutuhan Energi seharinya adalah1500 Kkal untuk laki-laki dan 1250 Kkal untuk Perempuan.Contoh bahan makanan sumber Energi adalah : Nasi, Kentang, Roti, Mie, Singkong, Ubi dll.

Kebutuhan Protein :

Fungsi Protein bagi tubuh adalah sebagai sumber energi,membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, membentuk berbagai enzim dan hormon, dan membentuk Antibodi atau sistem kekebalan tubuh.

Dimasa pandemi Covid-19 zat gizi Protein sangat dibutuhkan tubuh untuk mendukung sistem kekebalan tubuh .Kebutuhan Protein : 1,2 – 1,5 gr/Kg BB/Hari.

Jadi, jika berat badan seseorang adalah 50 Kg, maka Ia membutuhkan sekitar 60 – 75 gram protein per harinya. Contoh bahan makanan sumber Protein : Ikan,Daging, Ayam, Telur, Tahu, Tempe,
Kacang Kedele, Kacang tanah dll.

Kebutuhan Lemak :

Lemak penting untuk melindungi tubuh kita, membantu mengatur suhu tubuh, dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin, pelarut vitamin A,D,E,K.

Contoh bahan makanan sumber lemak : Minyak sayur, santan, mentega, margarin. Kebutuhan lemak sehari adalah 20 – 30 % dari kebutuhan Energi Total. Kebutuhan Vitamin dan Mineral.

Vitamin dan Mineral berperan dalam sistem imunitas tubuh, khususnya Vitamin A,Vitamin B,Vitamin C,Vitamin D, Vitamin E, Selenium, Zink,Besi, Tembaga. Kebutuhan Vitamin dibedakan berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Contoh kebutuhan Vitamin dan Mineral sehari orang dewasa: Vitamin A : 650 RE . Vitamin D : 15 mcg., Vitamin C : 90 mg. Kalsium : 1000 mg., Besi : 9 mg. Zink : 11 mg. Tembaga : 900 mcg. Bahan makanan sumber Vitamin Mineral. Sayuran dan Buah, seperti : Bayam, Kangkung, Wortel, dll, Pepaya, jeruk, pisang, semangka, mangga dll.,

Tumpeng Gizi Seimbang

Tumpeng Gizi Seimbang merupakan petunjuk berapa banyak bahan makanan harus dikonsumsi dalam sehari. Tumpeng Gizi Seimbang memiliki 4 lapisan “Tumpeng”.

Dari puncak tumpeng hingga ke bagian dasarnya akan semakin melebar. Artinya, semakin besar area lapisan tumpeng, maka anda semakin membutuhkannya dalam jumlah banyak.

1. Porsi Makanan Pokok

Lapisan terbawah tumpeng adalah area makanan pokok seperti nasi, singkong, ubi dll. Porsi makanan pokok yang dianjurkan : 3-4 porsi dalam sehari. 1 porsi nasi = 100 gram, setara dengan 1 buah ubi 135 gram.

2. Porsi Buah dan Sayur

Dianjurkan 3- 4 porsi sayur sehari dan 2-3 porsi buah sehari.

3. Porsi sumber Protein

Dianjurkan 2-4 porsi sumber protein sehari, berasal dari sumber protein hewani seperti ikan, telur, ayam, daging dan dari sumber protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan.

4. Porsi Garam, Gula dan Minyak

Garam, gula dan minyak tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dianjurkan garam sendok teh sehari gula : maksimal 4 sendok makan sehari dan
Minyak sayur : 5 sendok makan sehari.

5. Porsi Minum Air Putih

Dianjurkan agar kita mengkonsumsi air putih sekitar 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here