Berawal Dari Iseng, Pasutri Ini Sukses Ternak Lele

0
27

B-CHANNEL, SUKARAJA– Siapa sangka pasangan suami istri (Pasutri) warga Desa Parung Aleng Cioa, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor berhasil menjadi sang pembudidaya ikan lele yang terbilang sukses. Padahal, keduanya sejak awal tidak memiliki pengalaman khusus dan pengetahuan soal budidaya lele. Namun seiring berjalannya waktu dan memiliki modal semangat, ulet dan tekun, usaha pada ternak lelenya kedua pasutri ini banyak disorot warga yang hanya ingin belajar dan bahkan membeli lele hasil budidayanya.

Empat bulan yang lalu, Ijul besama istrinya Ayuni menebar sebanyak 500 ekor bibit lele yang disimpan dari kolam terpal berukuran 1 x 1 meter. Hingga saat ini sudah ada tiga kolam yang memiliki fungsi masing-masing, dari tempat pembenihan sampai tempat pemilahan

“Awalnya iseng aja, Pak Ijul, pertamanya engga ada niatan buat budidaya kaya gini, lambat laun ke isengan itu menjadi hobi yang mendarah daging dan alhamdulillah dari satu kolam sekarang udah ada tiga kolam yang udah di isi”ungkap Ayuni Istri Ijul, ditemui belum lama ini.

Budidaya Lele menurut Ayuni terbilang sangat mudah perawatannya, yakni diberikan pakan serta tambahan nutrisi berupa konsentrat yang dihitung selama satu bulan hanya menghabiskan uang puluhan ribu.

Sedangkan, kendala dalam usaha ini ia mengatakan, hanya dalam pemberian pakan dan pengaturan air yang harus disesuaikan demi menjaga kestabilan air. Sementara itu, Lele yang layak dijual adalah yang sudah berumur 3 bulan.

“Alhamdulillah sampai hari ini banyak orang yang membeli ikan untuk pembibitan disini. Kadang kita juga menjualnya. Ikan kita jual yang berusia tiga bulan. Mudah-mudahan dengan usaha budidaya ikan yang belum lama ini kita jalankan, semakin banyak kolam-kolam untuk kita budidayakan sebagai penghasilan tambahan, “ungkapnya.

Reporter: Junaedi Mustopa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here