Tingkatkan Minat Baca, Dinas Arsip dan Perpus Gelar Gebyar Pusling


B-CHANNEL, CIGOMBONG – Sosialisasi gebyar perpustakaan keliling (Pusling) di kecamatan wilayah Kabupaten Bogor mulai digelar. Kali ini dilakukan di Kecamatan Cigombong oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan, Kabupaten Bogor, Rabu (07/11/18).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor, Soebiantoro mengatakan, sosialisasi terhadap pusling merupakan kegiatan kali pertama diadakan di kecamatan. Bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Selain itu, sebagai bentuk dalam rangka usulan untuk pendirian perpustakaan di setiap desa. Dimana, nanti dalam pelaksanaannya, pihak kecamatan akan mendapat pendampingan oleh pustaka-pustakawan.

Menurut Dia, perpustakaan bukan hanya sebagai tempat untuk meningkatkan minat baca, tetapi juga harus dilakukan dengan praktek.

Soal bantuan sarana buku, bagi pemerintah desa, lanjut Soebiantoro bisa dianggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD). Hal ini sebagaimana tertuang dalam UU No 19 untuk pustakades.

“Bisa diambil dari ADD dan itu jelas sesuai UU tersebut, sementara untuk pendampingannya nanti akan kami gabungkan dengan anggaran dari Kabupaten Bogor. Bahkan, kami juga akan mengusulkan kepada Bupati dan DPRD supaya bisa menganggarkan dana untuk tenaga penjaga perpustakaan demi gebyar pusling yang lebih meningkat, “tegas Soebiantoro.

Camat Cigombong, Basrowi berharap, adanya kegiatan sosialisasi ini bisa mendorong anak didik maupun warga masyarakat khususnya yang ada diwilayah cigombong untuk gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Program Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor yang digulirkan salah satunya ini, yakni mengintensifkan program Perpustakaan Keliling (Pusling). Karenanya, kami berharap
warga masyarakat agar dapat memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin dengan cara meningkatkan minat bacanya dan turut ambil bagian dalam pembangunan di wilayah ini.‎

Kegiatan yang digelar di halaman kantor Kecamatan ini dihadiri oleh Kapolsek Cijeruk, Danramil Cijeruk, para Kepala Desa, Kepala Sekolah, pengelola perpustakaan dan ratusan siswa dari tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Cigombong.

Reporter : Agus Sudrajat

Bogor Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *