Terkait Tuntutan Ini, Warga Wates Jaya dan MNC Gelar Mediasi


B-CHANNEL, CIGOMBONG – Pemerintah Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak perusahaan di aula Kantor Desa setempat, Kamis (8/11/18).

Pertemuan itu merupakan bentuk mediasi dalam upaya mencari solusi atas tuntutan warga soal permohonan perbaikan jalan Ciketug yang merupakan akses penghubung antara kampung Cileutuh Hilir dengan kampung Bojong Kiharib. Akses jalan penghubung tersebut terisolir dan susah untuk dilewati warga akibat dari pembangunan tol.

“Ya hari ini, kami selaku Pemerintahan Desa mengadakan mediasi dengan menghadirkan warga yang terkena dampak dan pihak perusahaan terkait seperti MNC Land, PT. MKM, PT. KSO serta PT. Waskita termasuk unsur muspika. Tujuannya, untuk mencari solusi dan bukan untuk saling menyalahkan, “kata Kepala Desa Wates Jaya, Rudi Irawan.

Dalam mediasi ini, salah seorang perwakilan warga dari RW 06, Jani mengungkapkan kekesalannya atas akses jalan yang tidak bisa dilalui akibat dampak dari pihak perusahaan tersebut, terlebih jika musim hujan turun banjir pasti ada.

“Pertemuan kali ini, kita ingin bukan hanya kesepakatan saja yang dihasilkan, tapi harus ada tindakan kerja nyata dari pihak-pihak perusahaan terkait. Kenapa, sebab jika dibiarkan lama tanpa diperbaiki disaat musim hujan sekarang, air akan turun sangat deras hingga menyebabkan banjir dan ini akan berbahaya bagi kami selaku warga, “keluhnya.

Menanggapi hal itu, Staf Humas MNC, Ngadimo mengaku belum bisa memberikan keterangan yang sifatnya resmi. Mengingat, kapasitasnya sendiri hanya sebatas komunikasi informasi saja.

“Solusinya dari pihak MNC selaku pengendali proyek di MNC Lido akan komunikasi dulu dengan pihak Waskita. Jadi kalau untuk teknisnya dilapangan kami tidak bisa menjelaskan secara detail, karena bukan kapasitas kami sebagai orang teknis dilapangan, hanya komunikasi saja dengan warga biar kondusif tidak ada hal-hal yang tidak diharapkan, “ungkapnya.

Ia pun menjelaskan, dari hasil pertemuan itu belum menghasilkan keputusan sebagaimana yang diinginkan kedua belah pihak. Pasalnya, semua keputusan tersebut ada di management masing-masing perusahaan.

“Intinya, dari MNC tanggapannya nanti seperti apa, sebab dari pihak Waskita yang hadir juga tidak bisa memutuskan. Makanya dari wakil MNC akan diskusi dulu sama Waskita, jadi saya mohon pada warga untuk bersabar yang penting kami punya niat baik dan tidak akan lari dari kenyataan, “akunya.

Reporter: Agus Sudrajat

Bogor Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *