Serunya Bermain Board Game Bareng Komunitas Kabogoh


B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Kabogoh (Komunitas Board Game Bogor Hehehe) bekerjasama dengan Lippo Plaza Keboen Raya Bogor mengadakan acara PlayDay Bogor, Minggu (30/09/18).

Acara rutin satu bulan digelar yang bertujuan memperkenalkan dunia board game kepada masyarakat Bogor diikuti 38 orang peserta dari berbagai komponen, baik masyarakat umum juga komunitas. 

Komunitas Kabogoh juga mengundang Mojang Jajaka Kota dan Kabupaten Bogor serta Komunitas FaktaBahasa Bogor untuk turut berpartisipasi menjajal keseruan bermain board game.

Alvikha Adrian, salah satu pendiri Komunitas Kabogoh, mengatakan “PlayDay Bogor ini merupakan acara umum, dimana siapa saja boleh datang. Bila peserta seorang pemula di dunia board game. Penyelenggara menyediakan GM (Game Master) yang siap menjelaskan dan membimbing bagaimana aturan atau cara bermain permainan tersebut.

Dijelaskannya, board game memberikan pengalaman bermain dan sosialisasi dengan cara yang berbeda dari berbagai macam game lainnya. Dengan menemui dan berinteraksi secara langsung, maka dapat mengurangi ketergantungan orang terhadap gadget.

“Masyarakat Indonesia pada umumnya sudah tidak asing dengan permainan papan atau board game seperti kartu Remi, UNO, Monopoli, Ludo, Halma atau Werewolf yang sampai saat ini masih digemari publik. Popularitas dan eksistensi dunia board game di Indonesia mulai menanjak di tahun 2015. Hal ini dapat dilihat dari munculnya festival bertema kangaming dan toys, peluncuran berbagai jenis board game karya anak bangsa, juga Komunitas atau gaming group di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Semarang,”jelas Atikha.

Mengingat generasi saat ini adalah generasi tumbuh bersama kemajuan teknologi dan internet, lanjut Atikha, secara tak sadar merubah pola gaya hidup anak-anak muda menjadi tech-savvy. Berbagai jenis gadget kini telah beralih fungsi dari barang komplementer menjadi kebutuhan pokok.

Tak jarang di zaman teknologi yang maju seperti sekarang ini, banyak orang berkumpul bersama kerabat atau keluarganya tetapi fokus berkutat dengan gadget masing-masing, hingga lupa bagaimana cara berkomunikasi, bersosialisai secara langsung. Board game ada sebagai salah satu alternatif hiburan yang positif, menyenangkan serta edukatif. 

Selain memaksa pemainnya untuk bersosialisasi, pemain “dipaksa” untuk menentukan strategi yang paling efektif untuk mengungguli lawan. Berbagai macam tema yang spesifik seperti industri media, sejarah perjuangan kemerdekaan, bahkan permainan saham menjadikan Board Game sebagai media pembelajaran tak hanya edukatif tapi juga menyenangkan. (*)

Komunitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *