Pemkot Bogor dan IPB Jalin Kerja Sama Beasiswa Mahasiswa Berprestasi


B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Penandatanganan Perjanjian Kesepakatan Bersama (memorandum of understanding atau MoU)) antara IPB dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria.

Penandatanganan tersebut dilakukan bersamaan dengan Peringatan Dies Natalis IPB Ke-55 di Gedung Graha Widya Wisuda, IPB, Dramaga,Kabupaten Bogor, Sabtu (01/09/18) ,

Sedikitnya ada dua penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan Pemkot Bogor dan IPB, yakni MoU terkait Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta kerja sama Pemberian Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa Program Sarjana Berprestasi dari keluarga tidak Mampu.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, semua perubahan dan perkembangan yang ada di Kota Bogor tidak terlepas dari sentuhan IPB. Penghargaan dan apresiasi yang didapat Kota Bogor merupakan penghargaan dan apresiasi juga untuk IPB.

Menurutnya, semua kota-kota di Indonesia harus di dorong dengan kekuatan gagasan, ide, ilmu pengetahuan. Bukan dengan otot atau kepentingan politik semata.

“Saya dan juga rektor semua bermimpi Kota di Indonesia bisa maju seperti negara-negara lain dengan dorongan ilmu pengetahuan,” katanya.

Bima juga turut mengungkapkan rasa syukur dan senangnya karena dapat melanjutkan kerja sama dan kemitraan dengan IPB. Kerja sama ini menurutnya sesuai dengan tantangan zaman masa kini. Sebab, Pemkot Bogor tidak bisa melakukannya sendiri. Perubahan kota akan terwujud dengan peran semua pihak, mulai dari akademisi, swasta, komunitas dan media.

“Saya merasa terhormat dengan perjanjian ini. Program beasiswa ini luar biasa, kita memberi ruang anak muda yang mempunyai potensi namun terbatas biaya untuk menjemput masa depannya. Saya juga mengajak mahasiswa IPB untuk meneliti dan menyumbang setiap gerak perubahan,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin mengatakan, saat ini perjanjian kerja sama beasiswa sudah masuk tahun kedua. Beasiswa ini diperuntukkan bagi anak-anak berprestasi dari keluarga tidak mampu.

Setiap tahun siswa yang sudah diterima masuk ke IPB bisa mengajukan permohonan beasiswa ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor. Dari disdik akan terlebih dahulu di survei pemohon beasiswa yang benar-benar tidak mampu dan harus warga Kota Bogor.

“Mereka mendapatkan Rp. 16 juta pertahun yang langsung dibayarkan ke kampusnya. Saat ini kuota hanya untuk 20 orang dan baru kerja sama di tiga kampus, yakni IPB, UI dan UNJ,” katanya. (*)

Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *