Kemendikbud Segera Cairkan Dana Program Indonesia Pintar (PIP) di Bogor


B-CHANNEL, CIBINONG– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud-RI) akan melakukan percepatan pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di beberapa daerah, khususnya di Kabupaten Bogor akan dilaksanakan pada hari ini Rabu hingga Jumat (28/09/18).

Demikian hal tersebut disampaikan Fajar Riza Ul Haq, M.E, sebagai Staf Khusus Mendikbud Bidang Hubungan Kerjasama Antar Lembaga, di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Rabu (26/09/18).

Menurut Fajar, program percepatan PIP bertujuan agar siswa penerima PIP secepatnya segera menerima bantuan dari pemerintah.

“Prosesnya adalah dengan melakukan pencairan melalui bank yang sudah ditunjuk yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk siswa SD. Adapun dana bantuan tersebut dapat digunkan untuk keperluan sekolah,” ujar pria yang berdomisili di Kota Bogor tersebut.

Fajar menyebut, dari informasi yang diperoleh, penerima manfaat PIP di Kabupaten Bogor, ada sekitar 254 ribu siswa. Pada data 2015 dan 2016 dari total penerima PIP, ada sekitar 6 hingga 7 persen yang tidak mencairkan dana tersebut.

Untuk itu, agar pemanfaatan PIP di tahun 2017 dapat terserap 100 persen, karena dana PIP 2017 akan dikembalikan ke kas negara pada November 2018, digelarlah program agenda percepatan PIP pada hari ini.

“Ditahun 2017 terdata ada sekitar 5-7 persen siswa yang belum melakukan pencairan PIP atau sekitar 15 ribu siswa. Diharapkan dengan kegiatan ini 15 ribu siswa tersebut dapat segera menerima pemanfaatan dari PIP,”jelas mantan Direktur Maarif Intitute itu.

Fajar juga mengatakan, meski agenda ini diprioritaskan untuk penerima 2017, lanjutnya, namun akan dilakukan sosialisasi untuk penerima PIP di tahun 2018. Hal tersebut berdasarkan catatan dilapangan, salah satu kendala tidak tercapainya 100 persen pemanfaatan PIP salah satunya karena kurangnya sosialisasi di tingkatan daerah.

Berdasarkan Perpres RI no.63/2017 tentang penyaluran bantuan sosial non tunai, dalam mensosialsiasikan program tersebut seharusnya dilakukan oleh pemerintah daerah. Hanya saja, kata Dia, informasi dilapangan banyak daerah yang mengeluhkan karena tidak adanya anggaran untuk melakukan sosialisasi tersebut, hingga akhirnya membuat kementrian yang hingga hari ini terus membantu melakukan sosialisasi program tersebut seperti pada hari ini.

“Sebagai program yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo, penerima PIP di seluruh Indonesia jumlahnya mencapai sekitar 18 juta, yang mana pembagiannya adalah 10.4 juta untuk SD, 1.4 untuk SMP, 1.4 untuk SMA, dan 1.8 untuk SMK dan sisanya untuk pendidikan informal dan berkebutuhan khusus,”terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan percepatan PIP hingga 2 hari kedepan akan dilakukan serentak di seluruh wilayah di Kabupaten Bogor. Adapun peserta hari pertama ini adalah perwakilan K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah), perwakilan siswa dan orang tua siswa di wilayah Kec. Citereup dan Cibinong, perwakilan BRI, perwakilan guru, dinas pendidikan Kab. Bogor. Untuk hari kedepan, pihak Kemendikbud akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan bank-bank untuk membantu percepatan PIP tersebut. (*)

Olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *