Dana BOS Belum Cair, Kegiatan Sekolah Terhambat


B-CHANNEL, CARINGIN – Keterlambatan pencairan Dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS), disejumlah sekolah, terutama di Kabupaten Bogor telah membawa pengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa di sekolah.

“Iya, sampe saat ini belum cair. Belum cairnya dana BOS triwulan ke- 3 ini jelas sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah, seperti kegiatan kepala sekolah dan guru honor,”ungkap Sopie, salah seorang Kepala Sekolah SD diwilayah Kecamatan Cigombong, Senin (10/09/18).

Terlambatnya pencairan BOS menurutnya juga berimbas pada KBM. Misalnya saat momentum agustusan bulan lalu dalam rangka HUT RI.

“Kami bingung, sedangkan kegiatan perlombaan anak banyak, alih-alih terpaksa kami menggunakan dana seadanya saja,”kata Sopie.

Ia mengaku, selain menghambat kepada kegiatan sekolah, juga berpengaruh pada guru – guru honor yang dalam penerimaan honornya bergantung dari dana BOS.

“Guru honor itu setiap bulannya menerima dari dana BOS dengan nilai yang entah cukup atau tidak. keterlambatan ini berdampak pada mereka (guru honor).

Dengan keterlambatan ini, Ia berharap pemerintah segera mencairkan dana BOS, agar segala kegiatan belajar mengajar berjalan normal. Termasuk gaji para guru honor.

Sementara, Operator Pengawas BOS Kecamatan Cigombong, Dewi mengatakan, belum cairnya dana BOS triwulan ke-3 disebabkan lantaran masih adanya sekolah yang belum menyelesaikan laporan.

“Jadi wajar saja kalau memang sekarang ini ada keterlambatan dalam pencairan dana BOS. Karena keterlambatan laporam,”pungkasnya.

Reporter : Navin N /Agus Sudrajat

Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *